Ingin Menjadi Blogger? Bingung Harus Mulai Darimana? Simak Hal-Hal Berikut…

Blogging
Tips membuat blog untuk pemula
profile
Ditulis oleh: Yosef Arie S

Blogger Purworejo | StandUpIndoPWR | Comedy Addict | Content Writer (Butuh Jasa Content Writer Hubungi Via Email) | storyofjho.wordpress.com | Contact : storyofjho@gmail.com

Artikel Dibaca : 1083 Kali

Meski profesi “blogger” tidak setenar “vlogger” pada masa ini, sepertinya kharisma profesi blogger masih cukup memikat. Nyatanya masih banyak yang bertanya ke saya :

 “Mas, buat jadi blogger caranya gimana sih?”

“Mas, bikin blog itu gimana sih mas?”

“Mas, nyari duit dari blog gimana sih?”

“Mas, kamu single gak?”

Semua pertanyaan kaya gini kadang memang bikin sumpek, jaman sekarang masa pada gak tau caranya ngeblog sih. Tapi ya seperti itulah adanya. Masih ada saja yang bingung gimana caranya memulai ngeblog.

Untuk kamu yang pengan tau gimana caranya untuk memulai ngeblog, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pilih Topik Blog.

Memilih topik blog

Sumber : http://www.investmentnews.com/

Berdasarkan temannya ada 2 kategori blog, yaitu blog niche dan personal blog. Niche blog adalah blog yang memiliki tema khusus, contohnya blog tentang musik. Sedangkan personal blog cenderung lebih bebas, tergantung isi kepala si pemilik blog.

Hal ini harus kamu tentukan dulu sebelum memulai untuk membuat blog. Memilih topik sama juga dengan menentukan tujuan. Jika tujuanmu ngeblog tidak terarah, bisa dijamin kegiatanmu ngeblog akan berhenti ditengah jalan.

Niche blog, atau blog yang memiliki tema khusus biasanya memang lebih menguntungkan bagi si pemilik. Selain lebih mudah untuk di monetize, si penulis bisa lebih fokus dalam menulis, karena topiknya mengacu pada hal yang spesifik.

Tapi tidak menutup kemungkinan personal blog tidak bisa sukses juga. Contohnya adalah Agus Mulyadi. Dia seorang personal blogger yang tema tulisannya semau dia. Tapi dengan konsistensi, nyatanya dia bisa sukses juga.

Ingat !!! Tentukan hal ini didepan, sebelum membuat blog.

Pilih platform.

platform blog

Sumber : http://www.insidersedge.co.uk/

Ada beberapa platform untuk membuat blog yang bisa kamu pilih. Beberapa platform tersebut adalah  Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dll. Sebenarnya masih ada lagi, tetapi 3 platform inilah yang paling umum.

Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk Tumblr memiliki tampilan yang cukup simple dan develompent yang simple juga.

Untuk kamu yang suka dengan hal-hal berbau simple, kamu bisa memilih Tumblr. Tumblr lebih cocok untuk kamu yang ingin membuat personal blog.

Untuk Blogger develompentnya juga cukup simple, tapi tampilannya lebih oke daripada Tumblr. Blogger bisa kamu gunakan baik untuk niche maupun personal blog. Blogger merupakan platform milik Google, platform ini cukup friendly untuk pemula.

Yang selanjutnya adalah WordPress. Saya cukup suka menggunakan WordPress karena untuk kebutuhan jangka panjangnya sangat bagus. Banyak plugin pendukung, banyak pengembangnya, dan platform ini memiliki design yang jauh lebih oke. Walaupun developmentnya cukup kompleks, tapi masih bisa dipelajari kok.

Pilih Design yang sesuai.

Design Blog

Sumber : http://aladroo.com/

Setelah kamu memilih platform yang paling sesuai dengan mu, waktunya untuk menentukan design. Pilih design yang simple namun casual.

Backgroud blog tidak perlu menggunakan foto narsis, kursor juga tidak usah dibuat aneh-anah, gak usah juga dikasih lagu di blognya. Itu gak keren, kampungan.

Orang lebih nyaman melihat tampilan blog yang simple, namun menarik. Disarankan kamu menggunakan flat design.

Jangan terlalu sering merubah-rumah designnya. Pilih satu dan pertahankan untuk jangka waktu yang lama. Kamu bisa menggantinya setidaknya setelah 6 Bulan atau 1 tahun. Design yang berganti-ganti terus itu akan terasa menyebalkan bagi pembaca yang sudah setia mengunjungi blog mu.

Mulai menulis, dan konsistenlah.

Menulis Blog

Sumber : http://ide-bisnis.net/

Setelah beberapa persiapan diatas selesai, mulailah menulis. Tulis dengan gaya bahasa yang biasa kamu gunakan. Jangan berusaha meniru gaya bahasa orang lain. Temukan karakter tulisanmu sendiri.

Dalam menulis blog, konsistenlah. Ini kunci yang paling penting apakah kamu bisa bertahan lama jadi blogger atau tidak.

Ada banyak yang orang yang semangat didepan, tapi setelah berjalannya waktu karena tidak disiplin, blognya jadi tidak terurus dan punah ajah gitu.

Di awal ngeblog, jangan terlalu ngotot ngejar monetizing atau uang. Jika memang sejak awal kamu ingin ngeblog buat cari uang, lebih baik kamu ngrekrut orang sekalian buat ngurus segala keperluan blog mu.

Untuk blogger yang memulainya sendiri, untuk bisa monetizing butuh waktu yang cukup lama dan konsistensi yang luar biasa. Maka dari itu, disiplinlah.

Buat jadwal menulis. Misalnya satu minggu dua kali harus posting. Terserah kamu, sesuaikan dengan jadwalmu. Tapi ingat, kamu harus bertanggung jawab dengan komitmen menulismu.

***

Menjadi blogger memang terlihat seksi. Blog juga memang bisa menghasilkan uang. Tapi jika diawal kamu memulainya sudah grusah grusuh dan tidak mau menikmati prosesnya, sudah dipastikan kamu bakal bosen ngeblog.

Buat dikenal orang dan dapet uang dari blogger, tidak bisa diraih cuma dengan 1 tahun apalagi dengan posting yang asal-asalan dan konsistensi yang berantakan. Semua butuh proses.

Make it fun. Ngeblog itu menyenangkan kok. (JHO)

Sumber Featured : http://inspiredweb.com.au/


Tulisan Yosef Arie S Lainnya + View All

Comments


load

Blogger Purworejo © 2015 - 2016 | Design By : Kang Rofingi - Wpbtemplate.com