Hangatnya Wifi Baru di Alun-Alun

Opini
NU-Purworejo-110339896-500x250
profile
Ditulis oleh: Mbah Doyok

Pejuang Muda Nahdlatul ulama

Artikel Dibaca : 934 Kali

Bukan hanya Jateng yang gayeng. Purworejo yang masih jateng pun ikut-ikutan gayeng. Setelah di urut-urut, eh ternyata gara-gara wifi yang baru saja di pasang di 4 titik alun-alun. Alun-alun Purworejo ini terkenal sepi nyenyet. Tapi semenjak ada wifi, kawula muda berbondong-bondong tongkrong di gasebo Alun-alun. Pak Bupati kita yang baru ini memang lagi semangat-semangatnya bikin perubahan. Di surat kabar sudah kenceng kalau pak Bupati kita ini pengen sulap Purworejo jadi cyber city. Dan… cita-cita-cita-cita pak Bupati yang lain yang se-abrek.

Sebagai anak muda, tentu semangat pak Bupati ini kita tanggapi dengan positif. Memang sudah saatnya Purworejo membuat perubahan yang signifikan. Salah satunya, ya lewat teknologi. Kita semua sudah tahu betapa teknologi ini bisa memangkas waktu dan juga jarak. Mosok cuma orang kasmaran saja yang ‘paham’ memanfaatkan kelebihan tehnologi ini. Nah, mungkin pemasangan wifi ini bisa menjadi tahap awal atau langkah kecil menuju kesana. Lho? Sesepele itu?

Aihhhh…  coba kita pikir lagi bersama-sama. Pemasangan wifi ini sudah tentu melahirkan banyak argumentasi. Ada yang setuju juga pasti ada yang nyinyir. Yang setuju pun berbeda-beda. Ada yang cuma ikut-ikutan nglurug gasebo demi wifi gratis dan ada yang menilainya lebih. Misalkan Mas Bro Penjual Jagung Bakar di sebelah gasebo yang dadakan mengalami kenaikan omset.

Salah satu temen bilang, “Saiki di pasangi wifi gratis, paling yo mung nggo mbo*ep. Koneksi HP sing lemot wae mung nggo donloti video, opo meneh sing banter” – (Sekarang di pasang wifi gratis, paling juga cuma buat nonton video po**o. Koneksi lambat dari hp saja untuk donlod video, apalagi yang lancar.). Duh, duh, duh kalau gitu sama aja misalkan di Semarang macet, kemudian pak Ganjar coba urai kemacetan dengan perlebar jalan dan benahi fasilitas publik, terus sampeyan apa harus bilang, Pak ganjar memperlancar jalan menuju ke SK*? Hadeeeh.

Memang banyak masyarakat yang beranggapan bahwa pemasangan wifi ini sama sekali gak efektif. Bisa jadi iya, dan bisa jadi tidak sama sekali. Ini semua tergantung pak Bupati dan crew-nya. Rasanya memang mubazir kalau pemasangan wifi sebatas untuk menyenangkan publik. Para pemimpin kita sudah sejak lama cuma seneng ‘nyenengke’, tapi gak mau mencerdaskan. Di sisi lain, rakyatnya pun juga gak siap diajak berbenah.

Wessss tho, kalau saya kok yakin, setiap perubahan sekecil apapun akan menyebabkan perubahan yang lain juga (Baca juga: Ubah Cover Sebelum ngover). Sedikit saran untuk teman-teman penikmat wifi, ya mari kita gunakan fasilitas wifi ini dengan bijaksana. Untuk nggarap PR misalnya, atau buat COD an jual beli akik. Itu malah menghasilkan. Kalau selama ini banyak komunitas yang kebingungan tempat ngumpul dan diskusi, nah besok bisa gunain gasebo untuk diskusi yang bermanfaat sambil cari referensi yang bener di internet. Untuk pengelola, saran saya benar-benar di filter situs-situs apa yang bisa di akses. Kalau perlu, di beri jam malam supaya tidak ada yang pacaran hingga kelewat jam malam.

Khusus untuk pak Bupati, kok  saya pengen wifi di pojokan alun-alun ini bukan hanya berdampak minim atau cuma buat rame-ramean saja. Sesuai cita-cita bapak yang kepengen Purworejo ini jadi cyber city, rasanya kok gak adil kalau masyarakat cuma dijejali fasilitas, fasilitas dan fasilitas tapi tidak di beri kesempatan untuk memanfaatkannya dengan baik. Yang harus di cyberkanjangan cuma gasebo dan penghuninya pak, tapi bapak dan orang-orang di pemerintahan juga. Sudah waktunya pemerintah membuka berbagai layanan pengaduan yang berbasis internet. Kalau perlu aplikasi android. Biar para penghuni gasebo itu tidak cuma tongkrong brwosing tapi juga belajar ber-aspirasi lewat handphone. Sudah waktunya layanan pemerintah berbasis online di garap serius. Buat web jangan cuma untuk formalitas tapi benar-benar harus di sosialisasikan dan mengedukasi masyarakat. Ayoo pak, kita anak-anak muda ini sebenarnya sangat greget.

Jangan sampe wifi ini cuma jadi gembus anget yang sebentar lagi bakal dingin. Jangan cuma beri kami sinyal. Uang saku kami masih cukup untuk beli kartu perdana 2 giga-an.

sumber: http://pelajarnupurworejo.org/hangatnya-wifi-baru-di-alun-alun/


Tulisan Mbah Doyok Lainnya + View All

Comments


load

Blogger Purworejo © 2015 - 2016 | Design By : Kang Rofingi - Wpbtemplate.com