4 Tips Menulis Artikel Untuk Blog yang Nyaman Dibaca dan Shareable.

Blogging
utill.co.jp
profile
Ditulis oleh: Yosef Arie S

Blogger Purworejo | StandUpIndoPWR | Comedy Addict | Content Writer (Butuh Jasa Content Writer Hubungi Via Email) | storyofjho.wordpress.com | Contact : storyofjho@gmail.com

Artikel Dibaca : 1089 Kali

Apakah semua orang pernah belajar menulis. Tentu. Tapi apakah semua orang pernah belajar menulis secara baik? Belum tentu. Apakah ini penting? Tergantung. Tapi jika kamu ingin menjadi seorang blogger yang profesional hal ini sangatlah penting.

Ngeblog bukan hanya sekedar memikirkan masalah SEO dan cara monetizing blog. SEO dan monetizing blog tidak akan bisa kamu raih jika konten yang ada dalam blog mu tidak friendly buat pembaca blog.

Maka dari itu, sangat penting untuk seorang blogger mengetahui cara menulis artikel atau konten blog yang nyaman dibaca dan juga menarik untuk di share oleh pengunjung blognya.

Beberapa tips ini akan menjadi panduan yang bisa kamu terapkan dalam membuat artikel yang nyaman dibaca pembaca dan juga memiliki kemungkinan besar untuk di share oleh pembaca.

Tentukan tema artikel dan buat kerangka sederhana.

Saat ingin membuat sebuah artikel, kamu harus tau mau menilis apa. Disinilah pentingnya menentukan tema. Tema ini akan menjadi dasar menulismu. Jika sudah menentukan tema, berusahalah untuk menuliskan hal yang ada diseputar tema tersebut jangan sampai melebar.

Maka dari itu, sesudah menentukan tema, kamu bisa membuat kerangka sederhana. Kamu bisa membuat kerangka hal-hal apa yang ingin kamu bahas sesuai tema tersebut dan juga urutan pembahasannya.

Usahakan untuk membahas tema yang menarik untuk dibaca, jangan sekedar tema asal-asalan. Jika peru risetlah dulu.

Gunakan gaya bahasa santai tetapi tetap konsisten.

Kesalahan yang sering dialami ketika menulis artikel blog adalah gaya bahasa yang tidak konsisten. Kadang bahasanya sangat baku, dilain waktu kadang bahasanya terlalu santai.

Gunakanlah gaya bahasa yang santai namun tetap sesuai kaidah penulisan dan konsistenlah dalam penggunaannya. Selain itu perhatikan kata ganti. Gunakan secara konsisten juga. Jika menggunakan kata ganti “Aku” ya gunakan itu secara konsisten, jangan sampai diawal tulisan menggunakan “Aku” kemudian ditengah-tengah menggunakan “Gue”.

Akan lebih baik jika kamu memiliki gaya bahasa unik yang mencerminkan dirimu.

Jangan berbelit-belit. Gunakan kata seperlunya.

Kadang saat menulis, seseorang akan menggunakan kata-kata yang panjang supaya terkesan profesional. Padahal hal semacam inilah yang menunjukan bahwa kamu adalah seorang yang masih sangat newbie.

Artikel yang nyaman dibaca adalah artikel yang menggunakan kata-kata seperlunya. Tidak berbelit-belit dan to the point. Jelas, dan mudah dimengerti orang.

Inilah pentingnya untuk kamu belajar banyak kosa kata. Banyak-banyaklah membaca buku dan artikel lain.

Perhatikan struktur artikel blog.

Ada beberapa hal terkait struktur penilisan artikel di blog yang bisa kamu aplikasikan. Diantaranya adalah dalam setiap paragraf pada artikel, berisi maximal 4 baris.

Pembaca blog biasanya akan merasa malas membaca ketika menemukan artikel dimana setiap paragrafnya berisi lebih dari 4 baris.

Biasakan untuk memasukan gambar pendukung, bahkan kalo perlu infografis. Pembaca lebih merasa nyaman dengan artikel yang memiliki gambar pendukung.

Masukan beberapa sub judul dalam artikel. Sub judul ini bisa juga menjadi poin-poin pembahasan.

Sebenarnya sangat mudah untuk menulis sebuah artikel. Kemalasan untuk belajar dan ngulik lebih dalam yang kadang menghalangimu untuk bisa menulis artikel dengan baik. Semoga tips menulis artikel blog ini cukup membantu. (YS)


Tulisan Yosef Arie S Lainnya + View All

Comments


load

Blogger Purworejo © 2015 - 2016 | Design By : Kang Rofingi - Wpbtemplate.com